Suzuki Katana GX 1994 ganti atap ala Jimny JDM
smrauto.blogspot.com. Belakangan ini pamor Suzuki Jimny sedang naik daun semenjak di perkenalkannya kembali All New Suzuki Jimny di Indonesia yang telah sekian lama vakum.
Unit yang dijual di Indonesia di datangkan langsung secara utuh (CBU) dari negara asalnya Jepang. Oleh karena itu harga jual nya tidak semurah generasi dahulu yang pernah ada. Tidak semua orang mampu membelinya karena harganya hampir menyamai harga Kijang Innova terbaru.
Akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan minat pencinta mobil ini untuk membelinya. Terlihat dari panjang nya daftar indent mobil tersebut sampai sekarang sampai membuat pihak Suzuki menghentikan atau menutup pemesanan.
Yang makin mencengangkan harga jual bekasnya mengalahkan harga barunya.
Bagi penulis sendiri mambangun unit lawas menjadi terlihat nyentrik nerupakan suatu kepuasan tersendiri. Terlihat dari rombakan Suzuki Katana bertype GX lansiran tahun 1994 ini yang di modifikasi sendiri menjadi ala Jimny JDM (Japan Domestik Market).
Terlihat jelas dari rubahan atapnya yang semula jumbo menjadi trepes (tipis) mirip lanjiran jimny lawas tahun 82/83. Atap tersebut penulis rubah dengan menggantinya dengan atap yang baru jadi bukan dipotong. Agar tampilan terlihat asli dan rapi. Penggantian dilakukan di bengkel las kepercayaan penulis.
Setelah atap tipis terpasang rapi, selanjutnya dilabur dengan cat berwarna putih agar terlihat lebih klasik seperti jip-jip lawas pada zaman nya. Beres dengan tampilan atap, penulis langsung berpindah kesektor penggerak roda yang tadinya menggunakan 2WD menjadi 4 WD.
Sepasang gardan depan dan belakang berikut transfercase telah dipesan untuk menggantikan gerak roda yang lama. Gardan ini merupakan copotan Jimny Jepang yang berjenis low dengan final gear 841.
Terakhir disandingkan dengan ban komodo extreme berukuran 31 yang awalnya dikawinkan dengan velg kaleng L-Star Canada 15" kepunyaan CJ7 dan setelahnya diganti dengan velg kaleng bawaan Suzuki Katana yang di bikin celong agar putaran roda bisa lebih ringan. Dan tidak lupa di bagian tengah velg depan kiri dan kanan di tambah kan freelock aisin.
Dibagian interior sepasang jok semi bucket dari Mazda MX Miata terpasang rapi di bagian depan. Dan jok bagian belakang tetap mempertahankan aslinya. yd.smr
Komentar
Posting Komentar